by

Mengenal Hanta Virus, Berbahayakah ?

Oleh Sultan Alam Gilang Kusuma

  1. Akhir-akhir ini, dunia media sosial dihebohkan kembali dengan sebuah pemberitaan yang kembali datang dari negeri Cina serta masih berbau seputar dunia virus.
  2. Panic buying menerpa para netizen ketika berita ini mulai tersebar, bagaimana tidak, belum lagi habis masalah pandemi COVID19 yang menimpa 186 negara serta membuhu lebih dari ribuan orang, kini hadir pula sebuah virus yang dikatakan membunuh dan lebih berbahaya dibanding Corona Virus Disiease 19, benarkah fakta ini ?
  3. Dari hasil penelusuran yang saya lakukan, virus ini bukanlah virus yang baru muncul di tahun 2020 ini. Virus ini muncul pertama kali di Amerika Serikat tepatnya pada Tahun 1993.
  4. Sesuai namanya, virus ini berasal dari daerah Hanta, salah satu daerah yang berada di Korea Selatan. Sehingga merupakan hoax apabila dikatakan bahwa virus ini berasal dari Amerika ataupun China. Pasalnya, awal heboh nya hantavirus ini ketika laporan dari Global Times yang menyatakan bahwa ada seorang pria yang berasal dari Yunan,China Selatan meinggal di dalam sebuah bus yang sedang menuju ke Shandong. Didalam bus itu pula, terdapat 32 orang lain sehingga setelah meninggalnya pria tersebut, 32 orang itu di tes pemeriksaan terkait status nya.
  5. Dari penuturan seorang ahli, faktanya hantavirus ini bukanlah sebuah virus yang berbahaya karena dalam kurun 25 tahun terakhir semenjak pertama kali ditemukanya, baru terjadi 600 kasus hantavirus.
  6. Virus tersebut tidak dikategorikan berbahaya karena tidak bertransmisi (menular) dari manusia ke manusia, melainkah disebabkan oleh Tikus. Hantavirus dikenal di pedesaan Eropa,Aisa dan Amerika, penularannya adalah dari manusia yang terpapar urin,air liur, dan kotoran tikus atau menghirup urin tikus yang menguap didalam tanah.
  7. Dari laporan CDC Amerika Serikat, bahwa dala kurun 25 tahun terkahir tidak ada kasus HPS (Hantavirus pulmonary syndrome) yang disebarkan oleh infeksi manusia ke manusia lain.
  8. Salah satu cara yang terbaik untuk menghindari Hantavirus ini yaitu dengan menjaga kebersihan tempat-tempat atau rumah-rumah kita dari sarang atau kotoran-kotorang Tikus. Kemudian dengan rajin pula mencuci tangan, tidak menumpuk sampah sehingga terindikasi menjadi sarang tikus serta menjauhi potensi-potensi perilaku kurang sehat yang kemungkinan besar akan menjadi tempat bersarang tikus.
  9. Terakhir, senantiasa menjaga kebersihan juga merupakan anjuran dalam Islam. Sebab “an nadzhofatu minal imaan” bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Itu artinya, tidak sempurna bentuk keimanan seseorang terhadap syariat Allah apabila tidak memenuhi furu’ atau cabang-cabang dari iman tersebut.
  10. Semoga Allah senantian menjaga kita, serta kita tetap berusaha bertindak semestina.

Comment

PERDANANEWS