by

MUI Kalbar Serukan Langkah Pencegahan COVID19, Salah Satunya Meniadakan Sholat Berjamaah dan Jumat

Melaui Surat yang ditanda tangani Ketua Umum MUI Kalbar, Drs.H.M. Basri HAR, Majelis Ulama Indonesia Kalimantan Barat menyerukan langkah-langkah pencegahan Corona Virus Disease 2019 terutama yang berhubungan dengan praktik ibadah yang dilakukan umat Islam.

Dalam seruan itu terdapat 4 poin penting yang disampaikan, pada poin pertama meneruskan fatwa MUI Pusat tentang penegasan serta arahan kepada masing-masing individu untuk menjaga kesehatan serta menjauhi hal-hal yang berkaitan dengan COVID19, kemudian dalam poin kedua diserukan untuk meniadakan kegiatan sholat berjamaah dan sholat jumat apabila dipandang status wilayah tersebut masuk dalam zona merah atau darurat COVID19,  dalam poin ketiga MUI Kalbar menyerukan untuk meniadakan kegiatan keagamaan yang bersifat pengumpulan massa baik itu dalam skala kecil maupun skala besar, dan terakhir dalam poin keempat berupa arahan untuk belajar dengan baik dirumah bersama keluarga.

Sebelumya, Majelis Ulama Indonesia juga telah mengeluarkan Fatwa yang serupa dengan poin-poin diatas. Bahkan fatwa yang dikeluarkan MUI tersebut menjadi perbincangan hangat diantara banyak orang dan netizen, pasalnya ada sebagian kecil dari mereka yang menolak untuk menuruti fatwa tersebut seperti meniadakan sholat berjamah dan sholat jumat dengan alasan mereka lebih takut kepada Allah ketimbang takut kepada Virus Corona.

Comment

PERDANANEWS